Nangka muda tetap nikmat meski diolah tanpa santan. Apalagi buat kamu yang menghindari kolesterol, sayur nangka tanpa santan jadi solusi menu yang terbaik. Nah, berikut resep sayur nangka tanpa santan. Ada nih udah tau belum Resep Sayur Nangka Santan Spesial.

.

Resep Sayur Nangka Muda Tanpa Santan Mudah Banget

sayur nangka

Bahan-bahan:

  •  250 gram nangka muda
  •  50 gram udang kupas
  •  50 gram pete
  •  125 ml air kaldu
  •  6 siung bawang merah
  •  3 siung bawang putih
  •  Cabe rawit, secukupnya
  •  2 cm lengkuas
  •  1 lembar daun salam
  •  Garam, gula, dan merica bubuk secukupnya
  •  Minyak goreng secukupnya, jangan gunakan minyak yang dibuat dari Alat Destilasi Minyak Atsiri.

Cara membuat Resep Sayur Nangka Muda Tanpa Santan :

  •  Terlebih dahulu potong nangka muda. Cuci hingga bersih dan tidak ada getahnya. Rebus nangka muda hingga matang dan empuk. Angkat dan sisihkan.
  •  Lalu, haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit.
  •  Tumiskan bumbu yang telah dihaluskan, masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk hingga baunya harum.
  •  Masukkan pete dan udang yang sudah dicincang. Aduk hingga udang masak setengah matang.
  •  Masukkan nangka muda dan air kaldu. Tambahkan garam, gula, dan merica bubuk. Aduk hingga larut secara bersamaan.
  •  Tunggu hingga matang. Angkat dan sajikan. Selamat mencoba!

Buktinya, sayur nangka menjadi salah satu sayur andalan jika Anda sedang bertandang ke rumah makan Padang. Sayur nangka juga punya beberapa khasiat yang bagus buat kesehatan loh!

Manfaat dari Sayur Nangka

sayur nangka

1. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Nangka mengandung vitamin C dan antioksidan dalam jumlah besar yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadikannya lebih kuat saat melawan infeksi.

2. Mengembalikan Energi

Satu porsi berisi 100 gram nangka mengandung 94 Kkal dan sarat dengan karbohidrat baik. Kandungan ini memberi Anda dorongan energi jika mengonsumsinya. Gula dalam nangka sangat mudah dicerna dan sangat sehat untuk tubuh manusia.

3. Memastikan kesehatan kardiovaskular dan tekanan darah yang teratur

Nangka kaya akan kalium dan dengan demikian membantu dalam membantu kebugaran jantung kita dan sistem peredaran darah. Dapatkan untuk mengetahui tentang cara alami untuk menurunkan tekanan darah.

4. Melancarkan Pencernaan

Sangat penting untuk mengonsumsi jumlah serat yang sehat dalam makanan sehari-hari Anda. Serat larut dengan cepat dipecah oleh tubuh kita untuk menghasilkan energi dan serat tak larut melancarkan feses Anda sehingga mudah digerakan usus.

5. Mencegah Kanker

Nangka kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid. Kehadiran antioksidan ini menghilangkan racun yang diproduksi oleh tubuh serta radikal bebas yang berbahaya bagi kita. Baik racun dan radikal bebas diketahui menyebabkan kanker dalam tubuh.

6. Meningkatkan penglihatan

Nangka kaya akan vitamin A (Beta-Karoten), nangka memberikan nutrisi yang sehat untuk mata. Ini melindungi mata dari infeksi bakteri dan virus dan juga membebaskan mereka dari radikal bebas yang mungkin berbahaya. Nangka juga menyelamatkan mata dari gelombang cahaya yang intens dan berbahaya seperti sinar ultraviolet. Nangka sangat efektif dalam mencegah degenerasi retina dan mengurangi risiko katarak.

7. Sayur Santan dapat Memperlambat penuaan

Penuaan disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas diproduksi dalam tubuh kita selama stres oksidatif tinggi yang disebabkan oleh polusi. Nangka yang kaya antioksidan dapat menghancurkan radikal bebas ini yang memperlambat proses penuaan.

8. Resep Sayur Santan dapat Memperkuat Tulang

Nangka mengandung banyak kalsium yang memperkuat tulang dan kalium yang mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal. Gejala gangguan terkait tulang seperti radang sendi; osteoporosis dapat disembuhkan dengan konsumsi nangka.

9. Meningkatkan Kualitas Darah

Nangka juga mengandung banyak zat besi di dalamnya. Konsentrasi zat besi yang tepat dalam tubuh kita membantu mencegah gangguan seperti anemia. Zat besi juga membantu dalam membantu metabolisme. vitamin C, magnesium, dan tembaga juga membantu meningkatkan kualitas darah.

10. Mencegah / Mengontrol Asma

Nangka membantu mengendalikan ketidakseimbangan dalam tubuh yang berakibat pada pengendalian serangan asma. Terutama ketika gejalanya dipicu oleh polusi, nangka membantu mengendalikan gejalanya dengan menghilangkan radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh karena polusi.

11. Memastikan Tiroid Berfungsi dengan baik

Nangka kaya akan tembaga yang membantu metabolisme tiroid terutama dalam produksi dan penyerapan hormon. Nangka juga bias membantu orang yang menderita gangguan tiroid.

12. Mengobati penyakit kulit dan demam

Akar nangka adalah obat untuk penyakit kulit. Ekstrak akarnya juga menyembuhkan demam. Itulah tadi ada 12 Manfaat yang bisa kita dapatkan dari Sayur Nangka bagi Kesehatan kita, banyak kan.

Nah itulah tadi Resep Sayur Nangka Muda Tanpa Santan Mudah Banget dan ada juga Cara Membuat Sop Buntut yang enak dan segar Terimakasih 🙂