Beberapa Resep Sostel Rumahan Dan Peluang Usahanya

Pada arikel kali ini saya akan menyampaikan sebuah informasi mengenai Beberapa Resep Sostel Rumahan Dan Peluang Usahanya. Sostel adalah makanan yang berarti sosis telur. Sostel sendiri saat ini masih menjadi buah bibir karena rasa dan cara pembuatannya yang unik.

Tidak hanya sekadar jajanan, sostel juga memiliki manfaat dan cocok untuk mengganjal perutmu saat lapar. Pada saat sekarang ini banyak para pemula bisnis tertarik untuk menjual sostel. Hal ini bisa menjadikan sebuah peluang untuk anda yang nginmendapatkan tau ingin menjalankan sebuah usaha.

Usaha sostel ini bisa dikataka  sangat menjanjikan. Daripada anda penasaran simak Beberapa Resep Sostel Rumahan Dan Peluang Usahanya di bawah ini.

3 Cara Membuat Sostel Untuk Usaha

resep sostel rumahan untuk usaha

Cara Pertama

Bahan Bahan :

  • Telur 6 butir
  • Sosis 12 pcs
  • Wortel 3pcs
  • Kol secukupnya
  • Daun bawang 2 batang, iris halus
  • Penyedap rasa 1 bungkus bisa royco atau masako
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • BonCabe secukupnya sesuai selera

Cara Membuat :

  1. Parut wortel kecil kecil, lanjut iris kol dan daun bawang.
  2. Selanjutnya kocok telur berserta penyedap rasa, bon cabei dan juga lada bubuk.
  3. Masukan sosis satu persatu ke dalam loyang lonjong atau cetakan es krim, lalu masukan sayuran potong tadi isi sesuai selera.
  4. Jika semua cetakan sudah terisi oleh sosis dan sayuran kemudian tambahkan kocokan telur secukupnya hingga hampir penuh.
  5. Masukan kedalam kukusan, kukus kurang lebih selama 8 menit.
  6. Keluarkan dari loyang atau cetakan, tiriskan lalu tusuk dengan tusukan sate.
  7. Bisa langsung di makan atau di goreng lagi
  8. Sajikan dengan saus dan mayonais.

Cara Kedua

Bahan Bahan :

  • 3 butir telur ayam
  • 6 buah sosis
  • 1 batang daun bawang, cincang hingga halus
  • Garam, secukupnya
  • Lada bubuk, secukupnya
  • Penyedap rasa, secukupnya
  • 6 buah plastik es lilin

Cara Membuat :

  1. Kocok telur hingga rata, tambahkan garam, lada, dan penyedap rasa sesuai selera. Sisihkan.
  2. Masukkan sosis ke dalam plastik es lilin, lalu tambahkan daun bawang yang sudah dicincang. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas ke dalam plastik hingga merendam seluruh permukaan sosis. Ikat ujung plastik.
  3. Rebus campuran telur dan sosis hingga mengapung atau kukus hingga matang, lalu angkat. Setelahnya, rendam di dalam air dingin.
  4. Panaskan minyak di atas teflon, lalu keluarkan sosis telur dari dalam plastik. Goreng dengan api sedang sampai kecokelatan, kemudian tiriskan.
  5. Potong ujung sosis yang sudah digoreng agar tampilannya lebih cantik.
  6. Tusuk sosis dengan tusukan kayu atau sajikan langsung di atas piring. Santap bersama saus sambal atau mayones agar rasanya lebih nikmat.

Cara Ketiga

Bahan Bahan :

  • 4 butir telur ayam
  • 4 batang sosis
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang wortel ukuran sedang, parut/cincang
  • 1/2 batang seledri, iris halus
  • keju cheddar secukupnya, parut
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Alat dan Bahan :

  • Plastik es loli/cetakan es tahan panas secukupnya
  • Tusuk sate/stik es krim

Pelengkap :

  • Saus tomat/sambal secukupnya
  • Mayones secukupnya

Cara Membuat :

  1. Pecahkan telur, kemudian kocok lepas. Masukkan bahan bahan seperti daun bawang, seledri, wortel, keju, penyedap rasa dan garam. Kocok lagi hingga semua bahaan tercampur rata.
  2. Masukkan adonan taadi ke dalam plastik es loli, kemudian ikat kuat ujungnya menggunakan karet. Jika tidak mau menggunakan plastik es loli, ada juga bisa menggunakan cetakan es dari plastik yang food grade dan tahan panas. Selipkan tusuk sate di tengahnya.
  3. Kukus sostel sampai matang. Jika sostel sudah matang, keluarkan dari cetakan.
  4. Goreng sebentar sostel dengan minyak panas. Boleh diberi lumuran telur dan tepung panir jika suka.
  5. Sajikan dengan saos dan mayones.

Peluang Usaha Sostel

peluang usaha sostel

Sostel merupakan salah satu bisnis kuliner yang sangat menjanjikan. Pasalnya, makanan ini masih memiliki kompetitor yang sedikit. Butuh waktu untuk mencari keberadaan makanan unik ini. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha. Tapi kenapa harus sostel?

Mungkin sebagian dari Anda berpikir kalau sostel sama dengan sajian jajanan sosis lainnya. Tetapi nyatanya tidak. Cara pembuatan sostel yang unik ini juga menghasilkan bentuk sostel lebih menarik dari segi tampilan.

Bentuk makanan yang menarik sering digadang-gadangkan akan mudah mengambil hati para konsumen. Makin penasaran untuk membuka usaha sostel? Berikut tips spesial untuk mempersiapkan usahamu!

Menentukan Lokasi

Saat Anda memutuskan untuk memulai usaha, lokasi menjadi hal penting kedua yang perlu Anda rencanakan setelah modal. Hal ini karena lokasi usaha termasuk salah satu faktor yang akan menentukan untung dan rugi usaha Anda. Maka pilihlah tempat yang strategis. Survei terlebih dahulu bagaimana lokasi tersebut, apakah sering dilalui oleh taget konsumen Anda atau tidak. Biasanya lokasi yang tepat untuk bisnis sosis egg roll ini seperti di taman hiburan, mall, sekolahan dan tempat lain yang ramai dikunjungi keluarga.

Mencari Peralatan Berkualitas

Untuk membuat sajian ini Anda membutuhkan perlatan khusus, salah satunya adalah mesin egg roll. Mesin ini masih dijual terbetas, untuk itu Anda harus cermat dalam memilihnya. Pastikan Anda mengetahui spesifikasi mesinnya. Mesin ini menggunakan energy panas dari daya listrik seperti cangkir boiler. Pada umumnya, mesin ini terbuat dari bahan alumunium yang mudah dibersihkan.

Mulai Berinovasi

Jika Anda ingin makanan Anda jauh lebih menarik, buatlah hal yang berbeda dari yang sudah ada. Jika bisanya egg roll hanya diberikan topping keju dan potongan daging, Anda bisa coba tawarkan topping yang lain. Contohnya sosis egg roll dengan potongan udang atau sayuran.

Evaluasi Usaha Anda Secara berkala

Meski terbilang baru, dan masih belum banyak orang yang tahu bukan berarti peluang usaha ini tidak menjanjikan. Justru karena dengan minimnya kompetitor, Anda bisa lebih banyak menjaring konsumen. Kuncinya Anda harus bisa membuat konsumen anda tertarik untuk mencoba menu Anda dan juga membuat mereka kembali mencicipinya.

Sambil berjalan Anda juga perlu melakukan evaluasi. Baik setiap minggu atau pun bulan yang penting dilakukan dengan rutin. Ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya dan apa yang perlu diperbaiki. Apakah itu rasa, pemasaran atau manajemen bisnis Anda.

Penentuan Harga 

Usaha ini termasuk jajanan yang sering dijumpai oleh pelanggan anak-anak dan remaja. Untuk itu harga satu porsinya harus lebih terjangkau. Kalau dihitung dari bahan-bahan untuk membuat makanan ini membutuhkan sekitar Rp 5 ribu satu sosis egg roll. Dengan begitu, Anda bisa membarol harga sekitar Rp 10.000. Namun karena Anda ingin leibih terjangkau, dengan harga Rp 8.000 satu sosis egg roll Anda masih tetap bisa mengambil untung.

Jika anda tertarik melakukan bisnis ini maka, peluang usaha ini sangat menguntungkan. Selain itu, anda juga harus memiliki sebuah brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang sudah anda jalani.

Mengapa harus brankas ?, karena brankas sendiri merupakan alat yang memang dirancang untuk menghindari adanya pencurian sehingga anda tidak perlu merasa khawatir lagi.

Sekian artikel mengenai Beberapa Resep Sostel Rumahan Dan Peluang Usahanya yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Untuk artikel menarik lainya anda bisa baca Cara Membuat Coklat Karakter Untuk Usaha Serta Tips Dan Manfaatnya. Sekian dan Trimakasih